HomeLayananDaftar
Register for Free
 
Signup for a free account
Create a FREE Profile
Find your connections online
BeritaKisah SuksesArtikel
QuickSearch
Saya :
Mencari :
Umur : sampai
Negara:
dengan Photo      
UserLogin
Username: 

Password: 

  Daftar
Berita
Back  
Hukum Menikah Tanpa Wali
Jul 30, 2017

    Pernikahan adalah suatu  hal  yang sangat sakral. Pernikahan merupakan suatu wujud dan bentuk kongkrit keimanan dalam diri kita kepada Allah SWT. Separuh ibadah wanita untuk mendapatkan pahala adalah berbakti kepada suaminya. 


Semua orang akan mengidamkan pasangan yang selalu bersama saat suka maupun duka. Saat ini banyak sekali terjadi fenomena dalam masyarakat kita, terutama dalam kalangan anak muda yang terjerumus dalam percintaan. Terkadang mereka ingin menikah namun tidak direstui orang tuanya, alhasil banyak pasangan yang menikah tanpa sepengetahuan orang tua atau istilah lebih kerennya adalah kawin lari dan akhirnya malah menikah tanpa wali.
Bagaimana hukum menikah tanpa wali? Apakah pernikahannya tetap sah? Padahal dalam tujuan pernikahan untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah. Simak penjelasan hukum menikah tanpa wali berikut ini.

Menikah Tanpa Wali
    Dalam pernikahan ada rukunnya, salah satunya adalah wali. Ada banyak pendapat mengenai hukum menikah tanpa wali, namun mengacu kepada jumhur ulama, adanya wali dalam akad nikah adalah suatu keharusan yang mutlak. Jika dalam penikahan tersebut tidak ada  wali dengan catatan pihak yang seharusnya menjadi wali masih ada maka pernikahan sebaiknya harus dihindari.


Harus adanya wali dan berlaku untuk semua kalangan perempuan baik masih kecil, sudah dewasa, perawan atau sekalipun janda. Jika persyaratan dalam pernikahan ini tidak terpenuhi maka pernikahannya batal atau tidak sah. Rasulullah bersabda:
    “Dari Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Perempuan yang nikah tanpa izin walinya, maka nikahnya batil. Jika sang laki-laki telah mencampurinya, maka ia wajib membayar mas kawin untuk kehormatan yang telah dihalalkan darinya dan jika mereka berselisih maka penguasa dapat menjadi wali bagi wanita yang tidak mempunyai wali. “(HR. Al-Arba’ah).


Hadist lain menyebutkan:
“Dari Abu Burdah Ibnu Musa dari ayahnya bahwa Rasululuallh SAW bersabda, “tidaklah sah suatu pernikahan kecuali dengan adanya wali.” (HR. Ahmad dan Al-Arba’ah).
    Hadist diatas sudah menjelaskan bahwasanya jika hukum menikah tanpa wali tidak sah. Nah, sudah jelas bukan tentang bagaimana hukum menikah tanpa wali? Maka dari itu jika kita telah menemukan pasangan yang cocok dalam diri kita dan ingin mengikat janji seumur hidup semati maka carilah do’a restu orang tua, karena ridho Allah terletak pada Ridho orang tua.







Cari Jodoh Muslim
Cari Jodoh
Site Blog
My Self
Jul 18, 2013

Berita
Seberapa Relakah Seorang Wanita Bersedia Dipoligami
Oct 01, 2017

    Wanita dipoligami - Bagi seorang wanita, menjalani biduk rumah tangga dengan adanya poligami tentu bukan hal yang mudah. Dimana seorang istri harus rela membagi kasih... selanjutnya

Hukum Menikah Tanpa Wali
Jul 30, 2017

    Pernikahan adalah suatu  hal  yang sangat sakral. Pernikahan merupakan suatu wujud dan bentuk kongkrit keimanan dalam diri kita kepada Allah SWT. Separuh ibadah wanita untuk... selanjutnya

Semua Berita